Rabu, 19 September 2012

INTERPRESTASI DAN PENYAJIAN DATA DALAM LAPORAN KEUANGAN



Dalam merancang akuntansi yang akan diterapkan dalam suatu lingkungan ekonomik tertentu, perlu ditentukan struktur dan rerangka akuntansi pokok yang menghasilkan statemen keuangan dasar. Rerangka akuntansi pokok akan menentukan batas pengakuan transaksi sehingga data yang masuk dalam statemen keuangan dasar akan merupakan informasi yang minimal harus dipenuhi dalam pelaporan keuangan. Informasi tambahan atau pelengkap merupakan bagian dari usaha untuk mencapai tujuan pelaporan keuangan. Informasi pelengkap akan menambah keberpautan informasi akuntansi sementara kualitas objektivitas dan keterujian masih tetap terjaga dalam statemen keuangan dasar. Berbagai usulan akuntansi untuk memperbaiki kelemahan akuntansi berbagai kos dapat diadopsi oleh rerangka akuntansi pokok tanpa harus mengganti struktur akuntansinya.

Laporan keuangan merupakan pusat perhatian dalam laporan-laporan lainnya yang dibuat oleh manajemen. Hal ini disebabkan karena Laporan keuangan merupakan sumber informasi tentang perusahaan sebagai dasar penilaian kinerja perusahaan. Laporan keuangan bermanfaat untuk membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya (alam, fisis, manusia, dan finansial) yang terbatas. Laporan keuangan juga menyediakan informasi yang bermanfaat bagi para investor dan kreditor dan pemakai lain, baik berjalan maupun potensial, dalam membuat keputusan-keputusan investasi, kredit, dan semacamnya yang rasional. Dengan laporan keuangan para investor, kreditur dan pemakai lain dapat menilai jumlah, saat terjadi, dan ketidakpastian penerimaan kas mendatang dari penjualan, penebusan, atau jatuh temponya sekuritas atau pinjaman.

Perusahaan yang menyajikan laporan keuangan utama pada basis biaya historis akan membantu evolusi pokok materi untuk menyediakan penjelasan tambahan yang mencerminkan efek perubahan harga. Jenis informasi utama tersebut yang mencerminkan efek perubahan harga direkomendasikan untuk pengungkapan oleh IAS 15, yaitu: sejumlah dari penyesuaian atau menyesuaikan jumlah penyusutan hak milik, pabrik, dan peralatan, sejumlah dari penyesuaian atau menyesuaikan jumlah biaya penjualan, penyesuaian yang berhubungan dengan pos moneter, efek dalam meminjam, atau bunga modal,  yang  pada penyesuaian seperti itu telah diperhitungkan dalam menentukan pendapatan dengan metode akuntansi yang  diadopsi, keseluruhan efek pada hasil penyesuaian sebaik materi lain mencerminkan efek dalam mengubah harga yang dilaporkan di bawah metode akuntansi yang  diadopsi, suatu metode biaya sekarang diadopsi, hak milik, peralatan dan pabrik dan inventaris, metode yang diadopsi menghitung informasi menuntut di dalam materi yang terdahulu, mencakup sifat alami menggunakan indeks. Tujuan nilai historis menekankan 'kontrak' konservatif hubungan antara perusahaan dan yang menyediakan sumber daya, hal itu manajemen bertanggung jawab untuk memasukan aset operasi dan output pada nilai bersih dari ekuitas operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar