Rabu, 19 September 2012

ELEMEN LAPORAN KEUANGAN



Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. Informasi dari laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan seperti investor, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok, pelanggan, pemerintah dan masyarakat berdasarkan PSAK (2004). Investor menggunakan informasi untuk membantu apakah harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut. Karyawan menggunakan informasi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa manfaat pensiun dan kesempatan kerja. Pemberi pinjaman dan pemasok menggunakan informasi untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunga dapat dibayar pada saat jatuh tempo. Pelanggan menggunakan informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan terutama pada saat mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan atau tergantung pada perusahaan. Pemerintah menggunakan informasi untuk dapat menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan statistik lainnya. Masyarakat menggunakan laporan keuangan untuk mendapatkan informasi kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.
Terdapat sepuluh elemen-elemen laporan keuangan yang dibutuhkan oleh pemakai yang ditegaskan oleh FASB dalam SFAC No. 2. Sepuluh elemen tersebut antara lain:
1.      Aset adalah manfaat ekonomis yang mungkin diperoleh oleh entitas tertentu sebagai akibat transaksi atau kejadian dimasa lalu.
2.      Kewajiban adalah pengorbanan manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti yang timbul dari keharusan.
3.      Ekuitas adalah hak residual terhadap aset suatu entitas yang masih tersisa setelah mengurangi aset dengan kewajibannya.
4.      Investasi oleh pemilik adalah kenaikan jumlah modal dari suatu entitas bisnis dapat melalui transfer dari entitas lain sehingga memberikan nilai atau peningkatan kepentingan kepemilikan dalam kelompok entitas tersebut.
5.      Distribusi ke Pemilik adalah penurunan dalam suatu ekuitas suatu badan usaha sebagai akibat pentransferan aset, penyerahan jasa, dan penimbulan kewajiban oleh badan usaha tersebut kepada pemilik.
6.      Laba Komprehensif adalah perubahan dalam ekuitas suatu badan usaha selama suatu perioda yang berasal dari transaksi dan kejadian lain dan kondisi dari sumber-sumber nonpemilik.
7.      Pendapatan adalah aliran masuk aset atau kenaikan aset lainnya pada suatu entitas atau pelunasan kewajiban entitas tersebut dari penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa, atau kegiatan lain yang membentuk operasi sentral atau utama dan berlanjut dari entitas tersebut.
8.      Biaya adalah aliran keluar aset atau penyerapan aset lainnya pada suatu entitas.
9.      Untung adalah kenaikan dalam ekuitas dari transaksi-transaksi tambahan atau insidental, kecuali yang berasal dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.
Kerugian adalah penurunan dalam ekuitas dari transaksi-transaksi tambahan atau insidental, kecuali yang berasal dari biaya atau distribusi kepada oleh pemilik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar